About Me

My photo
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
pencaksilatskensa@yahoo.co.id. Powered by Blogger.
"Selama Matahari Masih Bersinar, Selama Bumi Masih Dihuni Manusia, Selama itu pula Persaudaraan Setia Hati Terate Tetap Jaya Abadi Selama-Lamanya"

PEMBERITAHUAN


Alhamdulillah... Blog www.pencaksilatskensa.blogspot.com
Telah Selesai dirilis.

Kami mengharapkan partisipasi dari seluruh Warga & Anggota PSHT
dalam bentuk dukungan, artikel, kritik, saran, dll
demi kemajuan dan kejayaan PSHT

Partisipasi bisa ditulis langsung di blog ini, atau
dikirim melalui email: pencaksilatskensa@yahoo.co.id
atau dikirim langsung ke Sekretariat kami.

Demikian pemberitahuan ini, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih

Salam Persaudaraan,
Ashter Skensa

Tips Mendirikan Tempat Latihan SH Terate

Monday, January 24, 2011
Seringkali saudara-saudara ingin mendirikan tempat latihan pencak silat SH Terate, bisa jadi karena banyaknya permintaan untuk mengadakan latihan, atau memang dari inisitif sejumlah Warga dari komunitas tersebut untuk mendirikan Laihan. Misalnya saja, beberapa Warga SH Terate yang eksis di sebuah universitas berusaha untuk mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa atau Ekskul Mahasiswa, atau seorang Warga yang bekerja sebagai guru SMP / SMA berinisiatif mendirikan ekskul pencak silat di sekolahnya. Pertanyaan yang bisasanya muncul, bagaimana caranya …?? Berikut beberapa tips-nya
1. Menyebarkan informasi.
sebarkan informasi bahwa akan didirikan tempat latihan SH Terate di lingkungan anda. Latihan hari apa, jam berapa, tempatnya dimana… sejauh ini yang paling manjur adalah informasi dari mulut ke mulut (via SMS dan FB juga oke!!). Kemudian buat sebuah daftar nama Warga/siswa yang juga berada di lingkungan tersebut. Misalnya kalau mendirikan di Universitas, buat daftar nama mahasiswa, dosen, dan mereka yang berminat beserta NIM/NIPnya. Kemudian buat juga daftar nama bagi mereka yang berminat mengikuti latihan. Mengapa? ini agar kita memiliki data berapa banyak “saudara” dan “calon saudara” yang ada di lingkungan kita. Data ini nantinya akan berguna saat kita mengajukan proposal.
tips: Gunakan metode jaring laba-laba. Kalau anda menemukan satu warga, biasanya dia juga mengenal warga lainnya. Dan warga lainnya juga mengenal warga lainnya. Catat, hubungi. (Anda akan terkejut ternyata saudara-saudara anda memang ada di mana-mana… )

2. Mengadakan Latihan
Latihan bisa langsung diadakan dengan terlebih dahulu memberitahukan secara lisan kepada yang berwenang di lingkungan tersebut, misalnya bagian Kemahasiswaan… atau bagi yang nekat, cukup memberi tahu petugas lapangan yang bertanggung jawab di lingkungan tempat kita berlatih, misalnya Satpam (tentu saja ini membutuhkan komunikasi, sopan santun dan hubungan yang baik…tapi jangan lupa ini hanya untuk sementara ya… ijin resminya tetap harus diurus !!).
tips: di awal berlatih (sebelum ada ijin resmi), usahakan anda mengelola latihan SH Terate ini sehingga mendapatkan kesan baik. Misalnya: Pelatihnya tertib, berseragam hitam lengkap bersabuk putih/mori, latihan berjalan sesuai prosedur dan tidak ngawur, tidak membuat kegaduhan, menjaga sopan santun dengan masyarakat sekitar dll (kesan yang baik akan mendatangkan dukungan, dont forget ..!)

3. Urus perijinan
Cari tahu bagaimana cara memperoleh ijin yang legal untuk megadakan tempat latihan. Kalau di kampung/di desa, mungkin cukup mengajukan surat ijin mengadakan kegiatan ke Kades, ketua RT atau ketua RT setempat. Tidak terlalu ribet. Lain kalau di Instansi, misalnya di Universitas, di Perusahaan, di Sekolah, atau di pangkalan ABRI misalnya. Anda harus mencari informasi kemana ijin harus dikirimkan. Caranya anda bisa minta informasi ke orang-orang yang terkait. Misalnya ke kegiatan ekstra yang sudah ada terlebih dahulu, ke rekan kerja, ke Satpam/petugas lapangan (inilah untungnya bernaik-baik dengan para petugas lapangan, hehehe). Jangan kaget kalau saat mengurus perijinan anda harus menunggu, dilempar kesana kemari, dsb… artinya kesabaran kita sedang diuji, no problem lah…! yang penting positif thinking saja !!
tips: kalau anda “salah alamat”, atau saat mengurus ijin anda dibalas dengan kata-kata “wah mas, kalau mengurus ijin latihan bukan disini!”, tanyakan saja langsung “terus saya harus kemana pak..?” nah disitu anda bisa mendapat informasi lebih jelas mengenai prosedurnya. (Berdoalah prosedurnya tidak ribet, hehehe…)
tips 2: untuk membuktikan bahwa kita bukan organisasi sembarangan, saat mengurus ijin bisa disertai proposal yang berisi profil organisasi SH Terate. Caranya memebuat proposal? ada di bawah…. ^^

4. Buat proposal untuk mendirikan latihan
Saat mengajukan permohonan ijin ada baiknya kitameneyertakan juga proposal pensirian tempat latihan. Untuk teman-teman mahasiswa pasti sudah akrab dengan bagaimana cara memebuat proposal. Membuat proposal pendirian latihan juga tidak jauh berbeda. Isinya antara lain:
Latar belakang mendirikan tempat latihan
Profil Organisasi, yang berisi a.l (sejarah PSHT; arti lambang; sejarah/kegiatan PSHT di lingkungan/daerah/cabang tersebut; prestasi SH Terate (bisa menyertakan prestasi PSHT Cabang/daerah juga); jenis materi latihan, tingkatan sabuk, kegiatan (misal: latihan rutin, latihan bersama, tes kenaikan tingkat, latihan alam, pengambilan sabuk dll)
Rencana Susunan Pengurus (Pembina; penanggung jawab latihan; pelatih; dsb— sesuaikan dengan kebijakan kegiatan ekstrakurikul;er yang berlaku di sekolah/universitas/ nstansi)
Lampiran, yang berisi a.l : susunan data anggota Warga dan Siswa SH Terate yang ada di lingkungan tersebut; rencana kegiatan setahun ke depan, detail daftar prestasi yang telah diraih (bila ada), dan data-data lain yang dianggap mendukung.
Anda bisa melakukannya dengan memberikan sentuhan kreatifias sendiri untuk proposal ini. Intinya, tujuan proposal ini adalah memberikan informasi yang benar kepada yang membacanya. Kalau proposal kita baik, maka organisasi kita dianggap baik dan bukan organsiasi sembarangan, maka bisanya ijin dapat keluar dengan lancar.
tips 1: anda bisa mengumpulkan data-data dan foto dengan surfing di internet. banyak web yang menyediakan informasi tentang SH Terate berikut foto-fotonya ..!! ini mempermudah pekerjaan anda ..!
tips 2: ketika mengurus ijin, gunakan pakaian yang rapi, sesuai sopan santun setempat, dan gunakan etika dan tutur bahasa yang baik. Kalau anda tidak pintar basa-basi, yang penting anda punya niatan baik itu sudah cukup. jangan sombong. Intinya, kita harus menanamkan kesan yang baik di mata orang lain…. demi SH Terate.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ..!!!


0 comments:

Post a Comment

 

Followers